KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DI SMK DIPONEGORO 1 JAKARTA TIMUR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan transformasi kepemimpinan kepala sekolah di SMK Diponegoro 1 Jakarta Timur. Penelitian dilakukan pada bulan Februari hingga November 2017. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah sebagai Informan kunci dan informan pendukung wakil siswa, staf tata usaha, dan guru. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan motivasi inspiratif di SMK Diponegoro 1 Jakarta Timur adalah kepala sekolah yang memberikan inspirasi adalah sikap, dan tindakan sesuai dengan aturan sehingga dapat dijadikan pemimpin. yang dapat menginspirasi guru, karyawan, dan siswa. (2) Kepemimpinan kepala sekolah dalam memberikan stimulasi intelektual di SMK Diponegoro 1 Jakarta Timur adalah kepala sekolah memberikan kesempatan yang besar untuk meningkatkan kemampuan intelektual guru dan karyawan. Dapat memiliki pola pikir dan juga lebih mudah memahami anggota atau siswa lain.