MANAJEMEN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAEKWONDO DI SMP ERA PEMBANGUNAN 3 JAKARTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan, pengawasan, serta faktor-faktor yang mendukung dalam pencapaian keberhasilan kegiatan ekstrakurikuler Taekwondo di SMP Era Pembangunan 3 Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan beberapa pedoman diantaranya pedoman wawancara mendalam, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) proses perencanaan kegiatan ekstrakurikuler Taekwondo dilakukan satu tahun sekali melalui rapat tahunan sebelum kegiatan MOS dimulai dalam bentuk program kerja. (2) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Taekwondo dilaksanakan pada setiap hari sabtu pada pukul 13.00 sampai dengan 16.00 WIB, adapun jenis aktifitas taekwondo yang dilakukan yaitu latihan, pemberian materi, dan pemutaran video mengenai ekstrakurikuler taekwondo, (3) pengawasan dilakukan dalam bentuk absensi ekstrakurikuler Taekwondo, nilai, dan pengawasan oleh guru piket, (4) serta faktor yang mendukung pencapaian keberhasilan adalah seluruh komponen sekolah yang selalu memberikan dukungan dan motivasi baik moril maupun fasilitas, program latihan yang baik serta siswa yang kompak di SMP Era Pembangunan 3 Jakarta.