Analisis Kepuasan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran melalui Aplikasi Obrolan Online

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepuasan mahasiswa dalam proses pembelajaran yang dilakukan melalui aplikasi obrolan online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode ex post facto dan survei yang dilakukan kepada 282 mahasiswa yang mengikuti pembelajaran online dalam kurun waktu Maret hingga Juli 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 282 mahasiswa menyatakan bahwa sebanyak 89% mahasiswa mengikuti proses pembelajaran melalui aplikasi obrolan WhatsApp, 10% mahasiswa belajar melalui Telegram, sisanya melalui Line dan WeChat. Berdasarkan pengalaman tersebut, sebanyak 55,7% menyatakan tidak puas atas proses pembelajaran yang dilakukan melalui aplikasi obrolan online. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ketidakpuasan ini terjadi akibat mahasiswa tidak dapat berkonsentrasi dengan baik dalam mengikuti proses pembelajaran. Hal ini dikarenakan mahasiswa mudah teralihkan konsentrasinya oleh obrolan pribadi yang juga mereka lakukan di aplikasi yang sama. Selain itu, masalah kuota internet juga menjadi kendala terbanyak kedua setelah konsentrasi. Interaksi, perangkat, profesionalitas pengajar, serta waktu juga muncul sebagai faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan tersebut.