PENGARUH GAYA MENGAJAR CAKUPAN TERHADAP KEMAMPUAN CORNER CERVICE DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA SISWA SMP NEGERI 3 WORI
Abstract
Judul: Pengaruh Gaya Mengajar Cakupan Terhadap Kemampuan Corner Service Dalam Permainan Sepak Takraw Pada Siswa SMP Negeri 3 Wori. Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan corner service dalam permainan sepak takraw pada Siswa SMP Negeri 3 Wori? Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan corner service dalam permainan sepak takraw pada Siswa SMP Negeri 3 Wori. Hipotesa Penelitian: Terdapat pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan corner service dalam permainan sepak takraw pada Siswa SMP Negeri 3 Wori. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan perlakuan berupa gaya mengajar cakupan yang diberikan selama delapan minggu. Populasi adalah seluruh Siswa Putera Kelas VIII SMP Negeri 3 Wori sebanyak 20 orang dan sampel sebanyak 20 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Instumen pengumpulan data: Tes Keterampilan Servis Dalam Permainan Sepak Takraw. Rancangan penelitian menggunakan: Randomized control groups pre-test and post-test design. Pengujian hipotesa menggunakan teknik statistik dengan Uji t. Hasil analisa hipotesa, diperoleh t observasi senilai 5,54 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1 + n2 – 2 yaitu 10 + 10 – 2 = 18 dan taraf keyakinan = 0,05 adalah 1,734. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian: Terdapat pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan corner service dalam permainan sepak takraw pada Siswa SMP Negeri 3 Wori.