PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO TERHADAP GERAK DASAR SERVIS ATAS PADA PERMAINAN BOLA VOLI

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah gaya mengajar komando dapat memberikan pengaruh terhadap servis atas pada permainan bola voli? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar komando terhadap gerak dasar servis atas pada permainan bola voli. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Rancangan penelitian yang digunakan adalah melalui kajian dan analisis dengan mengumpulkan bukti-bukti luar yang sudah pernah diteliti oleh peneliti sebelumnya. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data hasil analisis kajian pustaka sesuai dengan variabel penelitian.   Hipotesa penelitian adalah gaya mengajar komando dapat memberikan pengaruh signifikan terhadap gerak dasar servis atas pada permainan bola voli. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk membuktikan dan menguji hipotesis penelitian tentang pengaruh gaya mengajar komando terhadap servis atas pada permainan bola voli. Berdasarkan kajian dan analisis dari beberapa hasil penelitian terdahulu yang relevan dengan penelitian ini, secara deskriptif menunjukkan bahwa keseluruhan yakni delapan hasil penelitian (100%) menunjukkan bahwa gaya mengajar komando memberikan pengaruh signifikan terhadap variabel terikat.  Kesimpulan dalam penelitian ini adalah gaya mengajar komando memberikan pengaruh yang signifikan terhadap servis atas pada permainan bola voli.