PENGARUH GAYA MENGAJAR CAKUPAN TERHADAP KEMAMPUAN SMASH KEDENG DALAM PERMAINAN SEPAK TAKRAW PADA SISWA SMK N 1 TONDANO
Abstract
Abstrak Judul : Pengaruh Gaya Mengajar Cakupan Terhadap Kemampuan Smash Kedeng Dalam Permainan Sepak Takraw Pada Siswa SMK Negeri 1 Tondano Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan smash kedeng dalam permainan sepak takraw pada siswa SMK Negeri 1 Tondano? Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan smash kedeng dalam permainan sepak takraw pada siswa SMK Negeri 1 Tondano. Hipotesa Penelitian: Terdapat pengaruh gaya mengajar cakupan terhadap kemampuan smash kedeng dalam permainan sepak takraw pada siswa SMK Negeri 1 Tondano. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan perlakuan berupa gaya mengajar cakupan yang diberikan selama delapan minggu. Populasi adalah seluruh siswa putera Kelas XI SMK Negeri Tondano sebanyak 20 orang dan sampel sebanyak 20 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Instumen pengumpulan data: Tes Keterampilan Smash Dalam Permainan Sepak Takraw. Rancangan penelitian menggunakan : Randomized control groups pre-test and post-test design. Pengujian hipotesa menggunakan teknik statistik dengan Uji t. Hasil analisa hipotesa, diperoleh t observasi senilai 6,86 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1 + n2 – 2 yaitu 10 + 10 – 2 = 18 dan taraf keyakinan = 0,05 adalah 2,101. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian : Gaya mengajar cakupan yang diberikan selama delapan minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu dapat meningkatkan kemampuan smash kedeng dalam permainan sepak takraw pada siswa SMK Negeri 1 Tondano.