PENGARUH GAYA MENGAJAR KOMANDO TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI

Abstract

Vinni F. Mokoagow, NIM. 17 703 031, Judul: Pengaruh Gaya Mengajar Komando Terhadap Kemampuan Passing Bawah  dalam Permainan Bola Voli Pada mahasiswa Jurusan PKL FIK Unima.                       Masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh gaya mengajar komando terhadap kemampuan passing bawah  dalam permainan bola voli pada Mahasiswa Jurusan PKL FIK Unima? Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui Pengaruh gaya mengajar komando terhadap kemampuan passing bawah  dalam permainan bola voli pada Mahasiswa Jurusan PKL FIK Unima. Hipotesa Penelitian: Terdapat Pengaruh gaya mengajar komando terhadap kemampuan passing bawah  dalam permainan bola voli pada Mahasiswa Jurusan PKL FIK Unima? Metode penelitian adalah metode eksperimen dengan pemnerapan gaya mengajar komando selama delan minggu. Populasi adalah seluruh Mahasiswa Putera Semester VII Jurusan PKL FIK Unima yang berjumlah 20 orang dan sampel adalah keseluruhan populasi berjumlah 20 orang, kemudian dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Instumen pengumpulan data: Tes kemampuan passing bawah. Rancangan penelitian menggunakan: Randomized control groups pre-tast and post-test design. Pengujian hipotesa menggunakan teknik statistik dengan Uji t. Hasil analisis hipotesa, diperoleh t observasi senilai 2,50 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1 + n2 – 2 yaitu 10 + 10 – 2 = 18 dan taraf keyakinan   = 0,05 adalah 1,734. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukkan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian: Terdapat Pengaruh gaya mengajar komando terhadap kemampuan passing bawah  dalam permainan bola voli pada Mahasiswa Jurusan PKL FIK Unima.