PENERAPAN METODE BAGIAN TERHADAP HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI BOLAANG

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah:  Apakah terdapat pengaruh penerapan metode bagian terhadap hasil belajar lay up shoot dalam permainan bola basket pada Siswa SMA Kelas XI Negeri I Bolaang. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode bagian terhadap hasil belajar lay up shoot dalam permainan bola basket pada Siswa Kelas XI SMA Negeri I Bolaang. Hipotesa Penelitian: Terdapat pengaruh penerapan metode bagian terhadap hasil belajar lay up shoot dalam permainan  bola basket pada Siswa Kelas XI SMA Negeri I Bolaang.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan perlaku an berupa metode bagian yang diberikan selama delapan minggu. Populasi adalah seluruh siswa putera Kelas XI A SMA Negeri I Bolaang sebanyak 20 orang kemudian dibagi menjadi dua kelompok masing-masing 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang pada kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data: Tes Lay Up Shoot Dalam Permainan Bola Basket. Rancangan penelitian menggunakan : Randomized control groups pre-tast and post-test design. Pengujian hipotesis menggunakan teknik statistik dengan Uji t. Hasil analisis hipotesa, diperoleh t observasi senilai 9,74 sedangkan t tabel yang diperoleh dari derajat kebebasan n-1 + n2 – 2 yaitu 10 + 10 – 2 = 18 dan taraf keyakinan   = 0,05 adalah 1,734. Sesuai dengan kriteria pengujian terima Ho jika t observasi lebih kecil dari t tabel dan tolak Ho jika t observasi lebih besar dari t tabel. Oleh karena t observasi lebih besar dari t tabel maka hasil analisis menunjukan tolak Ho dan terima Ha. Kesimpulan penelitian : Metode bagian yang diberikan selama delapan minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot dalam permainan  bola basket pada Siswa SMA Negeri I Bolaang.