STUDI META ANALISIS PENGARUH PENERAPAN GAYA MENGAJAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN SHOOTING DALAM PERMAINAN BOLA BASKET
Abstract
Studi meta analisis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan gaya mengajar terhadap Peningkatan Kemampuan Shooting Dalam Permainan Bola Basket. Jenis penelitian ini adalah deskriptif survei penelitian. Secara umum, ke-6 penelitian pengaruh gaya mengajar terhadap Peningkatan Kemampuan Shooting Dalam Permainan Bola Basket menunjukkan hasil koefisien korelasi yang konsisten hal ini dapat dilihat pada hasil penelitian masing-masing sampel. Dengan teknik purposive sampling, 6 subyek penelitian periode tahun 2016-2019. Hasil perhitungan menunjukkan total rata-rata effect size sebesar 3.2772. Ini berarti penggunaan gaya mengajar memberikan hasil yang besar untuk peningkatan kemampuan shooting dalam permainan bola basket. Berdasarkan jenis pekerjaan kemampuan shooting dalam permaianna bola basket lebih sering dilaksanakan pada siswa SMA dalam kurun waktu tahun 2016-2019 sebesar 50%. Berdasarkan gaya mengajar yang diterapkan penelitian korelasional hasil yang diperoleh gaya mengajar yang sering diterapkan dalam kurun waktu tahun 2016-2019 adalah gaya mengajar demonstrasi dan gaya mengajar komando masing-masing sebesar 33.33%. This meta-analysis study aims to determine the effect of the application of teaching styles on increasing shooting skills in basketball games. This type of research is a descriptive research survey. In general, the six studies on the effect of teaching style on the improvement of shooting ability in basketball games show that the results of the consistent correlation coefficient can be seen in the results of the research for each sample. With a purposive sampling technique, 6 research subjects for the period 2016-2019. The calculation results show that the total average effect size is 3.2772. This means that the use of a teaching style gives great results for improving shooting skills in basketball games. Based on the type of work, the shooting ability in basketball games is more often carried out by high school students in the 2016-2019 period by 50%. Based on the teaching style applied by correlational research, the results obtained by the teaching style that were often applied in the 2016-2019 period were demonstration teaching styles and command teaching styles, respectively 33.33%.