HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENJAS PADA SISWA SMA NEGERI 1 DIMEMBE KABUPATEN MINAHASA UTARA TAHUN 2019

Abstract

Status gizi adalah suatu ukuran mengenai kondisi tubuh seseorang yang dapat dilihat dari makanan yang dikonsumsi dan penggunaan zat-zat gizi di dalam tubuh. Prestasi belajar adalah tingkatan keberhasilan dalam mempelajari materi pelajaran disekolah yang dinyatakan dalam bentuk skor yang diperoleh dari hasil tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dan prestasi belajar Penjas Siswa SMA Negeri 1 Dimembe Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Instrument yang diguanakan dalam penelitian ini Untuk mengukur IMT (tinggi badan dan berat badan) menggunakan alat Health Scale dan untuk prestasi belajar menggunakan menggunakan Rapor Semester I. Sampel dalam penelitian ini yaitu 30 orang dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria inklusi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik analisis korelasi dengan uji Pearson Product Moment menggunakan spss. hasil penelitian ini yaitu, diperoleh nilai korelasi sebesar 0.092 < [0.05] artinya bahwa tidak terdapat hubungan antara Status Gizi dan Prestasi Belajar. Dengan demikian, hipotesis penelitian ini yaitu “tidak terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dan Prestasi belajar SMA Negeri 1 Dimembe” ditolak