PENGARUH PENGGUNAAN METODE KESELURUHAN TERHADAP KETEPATAN SERVIS PANJANG DALAM PERMAINAN BULU TANGKIS PADA SISWA SMK NEGERI 1 TOMOHON
Abstract
Permainan bulu tangkis dapat meningkatkan kesegaran jasmani siswa. Namun siswa dituntut untuk menguasai teknik dasar pada permainan bulu tangkis seperti keterampilan melakukan servis, agar siswa memiliki keterampilan bermain yang memadai sehingga mampu mengikuti proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk menguji apakah metode keseluruhan memberi pengaruh terhadap peningkatan keterampilan servis panjang dalam permainan bulu tangkis pada siswa putra SMK Negeri 1 Tomohon. Metode penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian pre-test and Post-test Randomized Two group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa putra SMK Negeri 1 Tomohon sebanyak 74 siswa, sampel adalah sebanyak 30 siswa yang dipilih secara acak, kemudian dibagi menjadi dua kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 15 siswa putra. Instrumen penelitian ini adalah tes servis panjang dalam permainan bulu tangkis. Pengujian hipotesa penelitian dengan menggunakan statistik parametrik uji t perbandingan memiliki hasil pengujian yaitu nilai tobservasi senilai 13,43, dibandingkan dengan nilai ttabel senilai 2,048 ∝ = 0,05. Hasil dari perbandingan ini ialah tobservasi senilai 13,43 > dari tabel senilai 2,048 atau tobservasi senilai 13,43 lebih besar atau lebih dari ttabel senilai 2,048. Rata-rata skor ketepatan pukulan servis panjang kelompok eksperimen yang diberi perlakuan berupa metode keseluruhan lebih baik daripada rata-rata skor ketepatan pukulan servis panjang kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode keseluruhan memberikan pengaruh yang positif atau signifikan terhadap ketepatan pukulan servis panjang siswa putra SMK Negeri 1 Tomohon.