ANALISIS PERAN GENERASI MILENIAL PADA STRATEGI FUNDRAISING DOMPET DHUAFA DI KOTA PEKANBARU
Abstract
Pengumpulan dana atau sering disebut fundraising adalah kegiatan yang sangat penting bagi lembaga pengelolaan zakat, infaq dan sedekah. Apabila kegiatan fundraising tidak dilakukan oleh sebuah lembaga pengelola zakat, bisa dipastikan kegiatan tidak akan berjalan dengan lancar. Karena fundraising ini tidak identik dengan uang semata, melainkan ruang lingkupnya lebih luas dan mendalam. Salah satu Lembaga Pengelola Zakat di Indonesia yaitu Dompet Dhuafa (DD) yang telah menerapkan konsep fundraising. Maka dalam hal ini, proses fundraising diharapkan dapat menjadi konsep yang tepat guna sehingga dana dapat terkumpul secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi fundraising yang dilakukan Dompet Dhuafa di kota Pekanbaru, untuk mengetahui peran generasi milenial pada strategi fundraising Dompet Dhuafa, dan untuk mengetahui factor pendorong dan penghambat Dompet Dhuafa pada strategi fundraising. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan. Data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pimpinan dan staf Dompet Dhuafa dengan sampel sebanyak 3 orang yakni manajer dan staff REMO (fundraising) dengan metode wawancara. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil sebagai berikut bahwa Strategi fundraising yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa terdiri atas 2 yaitu direct (secara langsung) dan indirect (secara tidak langsung). Peran generasi milenial pada strategi fundraising adalah melalui sebuah proses fundraising yaitu dengan cara mempengaruhi, memberitakan, mengingatkan, membujuk dan mendorong hal tersebut gunanya untuk menimbulkan kesadaran, motivasi dan kepedulian calon muzakki. Faktor pendukung Dompet Dhuafa dalam menggalang dana adalah letak geografis Dompet Dhuafa yang terletak di pusat provinsi dan terletak ditengah kota, mempunyai payung hukum yang jelas, memiliki manajemen pengelolaan yang baik, mempunyai program unggulan serta memanfaatkan media social dan rekening bank sehingga memudahkan para donator yang ingin menyumbangkan dananya. Faktor penghambatnya yaitu, banyaknya perusahaan yang belum bisa diajak kerjasama, keterbatasan pengetahuan SDM, keterbatasan fasilitas dan ketidakmampuan lembaga karena masih banyaknya masyarakat yang kurang tahu. Fundraising or often called fundraising is a very important activity for zakat, infaq and alms management institutions. If the fundraising activities are not carried out by an institution that manages zakat, we can be sure that the activities will not run smoothly. Because fundraising is not synonymous with money alone, but the scope is broader and deeper. One of the Zakat Management Institutions in Indonesia, Dompet Dhuafa (DD), has implemented the concept of fundraising. So in this case, the fundraising process is expected to be an appropriate concept so that funds can be maximally collected. This study aims to determine the fundraising strategy carried out by Dompet Dhuafa in Pekanbaru city, to determine the role of millennial generation in the Dompet Dhuafa fundraising strategy, and to determine the driving and inhibiting factors of Dompet Dhuafa in the fundraising strategy. Data collection techniques are carried out through observation, interviews, documentation and literature study. The data used uses descriptive qualitative analysis. While the population in this study were all leaders and staff of Dompet Dhuafa with a sample of 3 people namely managers and REMO staff (fundraising) with the interview method. Based on the research, the following results are obtained that the fundraising strategy carried out by Dompet Dhuafa consists of 2 namely direct (indirect) and indirect (indirectly). The role of millennial generation in fundraising strategies is through a fundraising process that is by influencing, preaching, reminding, persuading and encouraging it to generate awareness, motivation and care for prospective muzakki. The supporting factors of Dompet Dhuafa in raising funds are the geographical location of Dompet Dhuafa which is located in the center of the province and is located in the center of the city, has a clear legal umbrella, has good management, has a superior program and utilizes social media and bank accounts making it easier for donors who want to donating funds. The inhibiting factors are that there are many companies that cannot be invited to collaborate, limited human resources knowledge, limited facilities and the inability of institutions because there are still many people who do not know.