Pendidikan Agama Islam dan Toleransi antar Umat Beragama
Abstract
Abstract: This study aims to determine the form of the relationship between Islamic religious education and tolerance among religious students of SMP Negeri I Gunungsindur. The research method used is the method of statistical analysis with a correlational approach. The sampling technique is using quota sampling. The research instrument used was a closed questionnaire with a Likert scale. The data analysis technique used in this research is product moment correlation. The results found in this study are that there is a significant relationship between Islamic religious education and inter-religious tolerance at SMP Negeri I Gunungsindur. The results of the calculation show that the value obtained is t count > t table, namely 5.07 > 1.70 and the significance level (α = 0.05). then H0 is rejected and it means that the correlation coefficient between Y and X is significant (the size of the relationship). Thus there is a significant relationship between Islamic religious education and tolerance between religious communities at SMP Negeri I Gunungsindur, especially students with heterogeneity of their respective religions. Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk hubungan antara pendidikan agama Islam dengan toleransi antar umat beragama siswa SMP Negeri I Gunungsindur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis statistika dengan pendekatan korelasional. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan menggunakan quota sampling. Instrument penelitian yang digunakan adalah kuesioner tertutup dengan bentuk skala likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini korelasi product moment. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan agama Islam dengan toleransi antar umat beragama di SMP Negeri I Gunungsindur. Hasil perhitungan menunjukan bahwa nilai yang diperoleh t hitung > t tabel yaitu 5,07 > 1,70 dan taraf signifikansi (α = 0,05). maka H0 ditolak dan berarti koefisien korelasi antara Y dan X adalah signifikan (besar hubungan). Dengan demikian terdapat hubungan yang signifikan antara pendidikan agama Islam dengan Toleransi antar umat beragama di SMP Negeri I Gunungsindur khususnya para siswa dengan keheterogenan agamanya masing-masing.