Eksplorasi Pembelajaran M-learning Fiqh pada Masa Pandemi di UIN Sunan Ampel Surabaya
Abstract
This study explores the learning of fiqh at the ma'had al-jamiah center of UIN Sunan Ampel Surabaya which includes: implementation of online learning, teaching media, methods, and evaluation. The type and approach used is descriptive naturalistic. M-Learning-based Fiqh learning is the answer during the Covid-19 pandemic, which demands the general public and the world of education in particular to adopt a lifestyle of working and learning from home. The result was that M-Learning Fiqh which was applied during the pandemic was running well as an alternative to the usual face-to-face lectures. These good results were obtained based on a survey conducted on a number of respondents who considered that M-Learning Fiqh was going well and effectively. Abstrak Penelitian ini mengeksplorasi seputar pembelajaran fiqh di pusat ma’had al-jamiah UIN Sunan Ampel Surabaya yang meliputi: pelaksanaan pembelajaran daring, media ajar, metode, dan evaluasinya. Jenis dan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pembelajaran Fiqh berbasis M-Learning merupakan jawaban di masa pandemi Covid-19 yang menuntut masyarakat secara umum dan dunia pendidikan secara khusus untuk menerapkan gaya hidup bekerja dan belajar dari rumah. Hasilnya adalah pembelajaran M-Learning Fiqh yang diterapkan saat masa pandemi berjalan dengan baik sebagai alternatif pengganti kuliah tatap muka yang biasa dilakukan. Hasil baik ini diperoleh berdasarkan survei yang dilakukan terhadap sejumlah responden yang menilai bahwa Pembelajaran M-Learning Fiqh berjalan dengan baik dan efektif.