Implementasi Pembelajaran Kontekstual dengan Strategi REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Dan Tranferring)
Abstract
Kemampuan siswa terhadap pelajaran matematika di MI perlu terus ditingkatkan, mengingat perkembangan dunia saat ini menuntut berbagai perhitungan yang lebih rumitid. Tidak terkecuali siswa di Madrasah Ibtidaiyah Daya Muda Al-Islam Takat Kampungbaru Tanjunganom Nganjuk yang saat ini masih tergolong rendah. Terlihat dari nilai ulangan semester II tahun pelajaran 2015/2016, yaitu: dari 119 siswa hanya 21% yang tuntas belajar secara klasikal (dikatakan tuntas apabila nilainya 75) sedangkan yang tidak tuntas 79%. Mengatasi permasalahan di atas, diperlukan strategi REACT yang menekankan pada aktivitas siswa secara penuh, baik fisik maupun mental.Fakus penelitian dalam tesis ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam. (2) Kemampuan apa saja yang nampak dalam pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam. Hasil penelitian ini adalah: (1) Proses pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam dilakukan dengan 4 proses tahapan, pertama proses relating siswa diberi rumus kemudian mengaitkannya dengan kehidupan nyata, kedua proses experiencing yaitu siswa melakukan eksplorasi rumus dengan pengalaman nyata siswa, ketiga siswa menerapkan pengalaman dalam kehidupan nyata untuk memecahkan soal matematika, keempat proses cooperating siswa bersama dengan kelompoknya melakukan diskusi untuk memecahkan soal bersama-sama, kelima proses tranferring siswa melakukan presentasi dari hasil diskusi bersama kelompoknya setelah memecahkan soal matematika. (2) Kemampuan siswa yang nampak dalam pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT pada mata pelajaran matematika di MI Daya Muda Al-Islam adalah: pertama kemampuan relating siswa sudah cukup baik hal ini dibuktikan dengan hasil tes ulangan harian.Kemampuan experiencing dengan 8 indikator sudah mencapai nilai rata-rata yang baik. Kemampuan applying dari 5 indikator,3 aspek kurang baik. Kemampuan cooperating siswa, 6 siswa dengan 5 indikator sudah menunjukkan nilai rata-rata yang baik, Kemampuan tranferring siswa rata-rata sudah baik, walaupun siswa masih berlum terbiasa mengkomunikasikan hasil diskusi dengan presentasi di depan kelas.