Peran Kepala Madrasah Sebagai Motivator Dan Inovator Dalam Upaya Menuju Kepemimpinan Pendidikan Efektif

Abstract

Kepala Madrasah sebagai pengatur sebuah lembaga pendidikan Islam mempunyai fungsi dan peran tersendiri untuk dapat menjalankan fungsi dan perannya dengan baik, maka seorang pemimpin harus mempunyai sifat-sifat kepemimpinan yang baik, ideal, bijaksana dan sangat bervariasi. Tulisan ini mengupas tentang  hubungan kepala madrasah dengan teman sekerja, dengan atasan,  pihak atasan,  disiplin kerja,  keamanan dalam bekerja, tugas-tugas yang dikerjakan (terutama yang menantang) tanggung jawab dalam bekerja, supervisi atau pembinaan dari pihak atasan. Peran Kepala Madrasah sebagai pemimpin lembaga pendidikan formal mempunyai peranan yang sangat penting dalam pemberdayaan tenaga pendidikan. Untuk itu kepemimpinannya diperlukan untuk membawa perubahan-perubahan konstruktif dalam program- program pengajaran sesuai dengan berbagai nilai dan tujuan pendidikan.