-

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan hasil pembentukan keterampilan kepemimpinan (Leadership Skill) siswa dengan berdasarkan praktek kegiatan OSIS di MTs. NU Mojosari dilapangan. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini meliputi pernyataan tentang: 1) Kegiatan Organisasi Siswa Intra Sekolah di MTs. NU Mojosari-Loceret-Nganjuk, 2) Pelaksanaan Pembentukan Keterampilan Kepemimpinan (Leadership Skill) siswa MTs.NU Mojosari-Loceret-Nganjuk, dan 3) Hasil Pembentukan Keterampilan Kepemimpinan (Leadership Skill) Siswa di MTs.NU Mojosari-Loceret-Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif  berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang diamati. Kemudian data tersebut di analisis berdasarkan teori yang di tulis dalam kajian teori pada penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembentukan Keterampilan Kepemimpinan (Leadership Skill) siswa dapat dibentuk melalui Kegiatan OSIS MTs.NU Mojosari, secara garis besarnya dapat disimpulkan bahwa: 1) Kegiatan OSIS MTs. NU Mojosari berjalan sesuai rencana kegiatan sehingga dapat dinyatakan bahwa kegiatan OSIS MTs. NU Mojosari berjalan maksimal, 2) Pelaksanaan Pembentukan Keterampilan Kepemimpinan (Leadership Skill) dilaksanakan secara intensif oleh para Pembina OSIS melalui pembinaan dan pengarahan sehingga berjalan dengan baik, 3) Hasil Pelaksanaan Pembentukan Keterampilan Kepemimpinan (Leadership Skill)  dapat di capai dengan baik.  Dengan demikian kegiatan OSIS MTs. NU Mojosari diharapkan untuk terus dikembangkan dengan tujuan untuk pembentukan keterampilan kepemimpinan, karena dengan keterampilan kepemimpinan yang dimiliki siswa memiliki bekal untuk menjadi pemimpin pada masa yang akan datang.