Strategi Pembelajaran Penafsiran Ayat Al Qur’an Berbasis Maudhu’i Di Program Studi Ilmu Al Qur An Dan Tafsir Fakultas Ushuluddin IAIN Kota Kediri

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam tema strategi pembelajaran yang diterapkan pada Lembaga Pendidikan Islam, yang menerapkan metode pembelajaran menafsirkan ayat Al Qur’an. Fokus penelitian ini ada 2  yaitu (1) Strategi pembelajaran yang digunakan oleh Dosen Tafsir Al-qur’an pada Prodi IAT Fakultas Ushuludin di IAIN kota Kediri, (2) Penerapan metode maudhu’i dalam menafsirkan Ayat Al-qur’an pada Prodi IAT Fakultas Ushuludin di IAIN kota Kediri. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif denga mengunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai instrument pengalian data. Kemudian data yang didapat dari sumber-sumber tersebut dianalisis untuk mendapatkan keabsahan data, serta uraian interpretatif yang logis dan rasional berdasarkan data yang dikumpulkan. Hasil dari proses penelitian yang telah dilakukan, maka penulis menemukan temuan yang sesuai berdasarkan fokus penelitian diatas yang secara garis besarnya sebagai berikut (1) strategi pembelajaran yang diterapkan pada Prodi IAT Fakultas Ushuluddin IAIN Kediri merupakan termasuk strategi pembelajaran aktif (active learning), (2) penerapan metode tafsir maudhu’i yang dilakukan pada Prodi IAT Fakultas Ushuluddin IAIN Kediri menggunakan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan oleh imam-imam mufassir, yang kemudian dalam praktiknya menyesuaikan kebutuhan dari tema dan tujuan kajian penafsirannya.