PERKEMBANGAN PEMBUATAN KOSTUM COSPLAY “FUFU ARMOR” TERHADAP POTENSI SUMBER DAYANYA

Abstract

Cosplay merupakan penamaan dari sebuah kegiatan atau hobi berpakaian. Pelaku cosplay disebut cosplayer yang dapat dijumpai di berbagai acara maupun festival seperti, comic market, event Jejepangan lainnya. Pakaian/Kostum merupakan produk/barang yang dihasilkan oleh pembuat kostum atau desainer kostum yang digunakan oleh orang lain maupun dirinya sendiri. Meningkatnya peminatan akan permintaan pembuatan kostum cosplay, mendorong lahirnya profesi baru yang disebut cosmaker (cosplay maker). Perkembangan pembuatan kostum di Malang berawal dari dirintisnya Fufu Armor, karena ia yang pertama kali menawarkan jasanya kepada khalayak ramai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perkembangan pembuatan kostum Fufu Armor pada potensi sumber daya yang ada. Jenis pendekatan penelitian yang akan penulis lakukan adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Menurut para ahli penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggunakan teknik pengumpulan dan analisis data yang tidak dapat didapat menggunakan teknik statistik data. Teknik pengumpulan dan analisis data yang bersifat deskriptif melalui latar belakang dari objek yang diteliti, menggambarkan keadaan dari objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada dilapangan. Jenis penelitian ini sebenarnya tidak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan penelitian kuantitatif. Dari simpulan diketahui bahwa perkembangan pembuatan kostum juga harus dibarengi dengan adanya sumberdaya yang tersedia.