Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme dan Kepuasan Kerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19

Abstract

Kepala sekolah memiliki peran sebagai pemimpin di sekolahnya dan bertanggung jawab atas proses pendidikan di sekolahnya, yang berkaitan dengan peningkatan mutu sumber daya manusia, peningkaan profesionalisme guru, karyawan dan semua yang berhubungan dengan sekolah di bawah naungan kepala sekolah. Kepala sekolah memegang peranan penting dalam mempengaruhi dan mengarahkan personil sekolah agar dapat bekerja sama dalam mencapai tujuan sekolah. Dengan komunikasi yang baik dan optimalisasi kemampuan kepala sekolah baik secara akademik maupun non akademik, diharapkan pengelolaan sekolah dapat berjalan dengan baik, sehingga profesionalisme guru dan kinerja guru dapat meningkat, dan pada akhirnya juga meningkatkan kepuasan kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme dan kepuasan kerja guru pada masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif deskriptif dengan sumber data penelitian ini berupa data sekunder, di antaranya adalah jurnal, koran online, web dan buku-buku literatur yang berkaitan dengan kepala sekolah, profesionalisme guru, dan kepuasan kerja guru, baik sumber dari dalam negeri maupun luar negeri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan atau kegagalan seorang kepala sekolah tidak hanya ditentukan oleh dirinya sendiri, akan tetapi juga ditentukan oleh akumulasi semua subsistem yang terlibat, yaitu kepala sekolah dengan seperangkat kompetensinya, karakteristik bawahan, situasi dan kondisi organisasi sekolah, kerjasama semua warga sekolah serta kondisi lingkungannya. Keberhasilan sekolah mengandung arti bahwa penyelenggaraan organisasi sekolah  dapat berjalan  dengan  baik  sebagaimana  yang diharapkan, meskipun segala sesuatunya dilakukan dengan daring pada kondisi khusus seperti pada masa pandemi Covid-19.