Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Gadai Emas Menurut Perspektif Ekonomi Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh nilai taksir, biaya ijarah dan pelayanan terhadap keputusan nasabah memilih produk gadai emas di Bank Syariah Mandiri Cabang Palu secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan metode accidental sampling dan berdasarkan rumus slovin ditentukan jumlah sampel sebanyak 82 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuisioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik uji dan analisis data meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dengan uji F dan uji T serta koefisien determinasi dengan menggunakan SPSS 16 for windows. Hasil yang diproleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor nilai taksir, biaya ijarah dan pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah memilih produk gadai emas dengan nilai F hitung sebesar 10.146 > F tabel 2,72 dengan nilai sig sebesar 0,000. Nilai taksir tidak memiliki pengaruh yang signifikan dikarenakan F hitung 1,764 < F tabel 1,994 dengan sig 0.082 > 0.05 dengan besar pengaruh sebesar 17,7 %, biaya ijrah memberikan pengaruh yang signifikan dengan nilai F hitung 2,705 > F tabel 1,994 dengan sig 0.008 < 0.05 dengan besar pengaruh sebesar 27,1%, dan pelayanan sangat berpengaruh sangat signifikan dengan nilai F hitung 4,558 > F tabel 1,994 dengan sig 0.000 < 0.05 dengan besar pengaruh 44,2%, dengan koefisien determinasi sebesar 28,1% dan 71,9% dipengaruhi oleh variabel lain tidak diteliti dalam penelitianini. Melalui penelitian ini diharapkan bank tetap mempertahankan dan meningkatkan pelayanan dan biaya ijarah serta diharapkan agar bank lebih memperhatikan nilai taksir agar nasabah lebih mengetahui nilai taksir emas beredar pada saat itu.