PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN (PUZZLE) PENDIDIKAN AGAMA BUDDHA SISWA LOWER PRIMARY SEKOLAH SPK KINDERFIELD SCHOOL DUREN SAWIT DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KELAHIRAN PANGERAN SIDHARTA GOUTAMA
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fakta berdasarkan hasil prasurvey pada SDS Kinderfild School Duren Sawit, bahwa pembelajaran yang dilakukan pendidik kurang mengembangkan metode pembelajaran dengan media puzzle pada Pendidikan Agama Buddha sehingga siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Sementara itu Peneliti amati bahwa pendidik di era saaat ini sudah sangat beragam kreativitasnya. Peneliti menambahkan salah satu media pendidikan dengan mengunakan puzzle untuk meningkatkan kreatifitas dan semangat siswa dalam proses pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan media (Puzzle) dalam pembelajaran pendidikan Agama Buddha siswa lower primary kinderfield school Durensawit dalam meningkatkan minat belajar siswa. Alat pengumpul data, meliputi: observasi, test, dan dokumentasi. Dalam pelaksanaan tindakan, ditetapkan siklus I, siklus II, siklus III. yang meliputi tahapan 1). Investigasi model pembelajaran, 2). Perencanaan model pembelajaran, 3). Realisasi dengan melaksanakan dua kali ujicoba dan beberapa test, Validasi, Evaluasi dan Validasi. Dari keempat siklus tersebut mendapatkan hasil buku model puzzle, buku siswa, LKS, RPP dan THB dinyatan valid, praktis dan efektif dengan tanggapan siswa positif dengan rata-rata 93.50% dan daya serap mencapai 94.05 sampai 100%.