PENDEKATAN DAN METODOLOGI PENGAJARAN BAHASA ARAB

Abstract

Upaya yang dapat dilakukan untuk memahami dan menguasai bahasa Arab diperlukan pengetahuan tentang ilmu yang berkaitan dengan bahasa Arab itu sendiri seperti metode, tata bahasa atau dalam bahasa Arab dikenal dengan Qawaid yang membahas masalah kaidah kaidah dalam bahasa Arab. Secara umum teori belajar bahasa adalah dapat dibagi menjadi struktural, generatif transformatif, behaviorisme dan kognitifisme, Sedangkan metode pengajaran kaidah bahasa arab dapat dibagi menjadi metode gramatikal (grammer method), metode terjemahan (grammar transation), metode langsung (direct method) dan lain-lain, sedangkan metode khusus adalah metode deduktif (al-ţariqah al-qiyasiyah), metode induktif (al-ţariqah al-istiqraiyyah), metode modifikasi (al-ţariqah al-muaddalah), metode keaktifan individu (al-ţariqah al-nasyaath al-fardiyah) dan metode prablem solving (al-ţariqah al-musykilaat) dari teori teori tersebut dilengkapi dengan teknik masing-masing dalam oprasionalnya. Kata Kunci : Pendekatan, Metode Pengajaran Bahasa Arab