INOVASI STRATEGI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB MAHARAHISTIMA’

Abstract

Strategi pembelajaran adalah bagian dari keterampilan dalam mendesain segala kegiatan pembelajaran dalam kelas, strategi pembelajaran bahasa merupakan kegiatan pendidik dalam merancang rencana pembelajaran dan strategi menyimak adalah seni mendesain semua kegiatan di dalam kelas untuk meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik. Pembelajaran akan efektif dan efisien jika didukung oleh strategi pengembangan keterampilan pendidik. Cara pendidik dalam mengatur strategi pembelajaran sangat berpengaruh terhadap cara belajar peserta didik. Sebagaimana kreteria untuk memilih strategi pembelajaran antara lain: adanya tujuan pembelajaran, metode dan strategi, media yang digunakan, system evaluasi, peserta didik, dan juga pendidik sebagai pelaksana pembelajaran.Oleh karena itu beberapa strategi akan disajikan dengan tujuan memberikan solusi alternative dalam menghadapi problematika pembelajaran bahasa Arab. Melalui paparan inovasi strategi pembelajaran bahasa Arab akan memudahkan pendidik sebagai fasilitator dalam menyampaikan materi yang akan disampaikan kepada peserta didik dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran Kata kunci: inovasi pembelajaran, keterampilan menyimak, menyimak.