Penerapan Metode Imla Pada Mata Pelajaran Kitabah Kelas IX di Pondok Pesantren Hamalatul Quran II Sleman Yogyakarta

Abstract

AbstrakPenelitian ini bersifat kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi guna melengkapi data yang akan dianalisis. Sedangkan analisis dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) proses penerapan metode imla pada mata pelajaran kitabah di Pondok Pesantren Hamalatul Quran II Sleman telah sesuai dengan konsep langkah-langkah pembelajaran dengan metode imla yaitu(a) pemberian materi imla dan kaidah-kaidahnya. (b) menerapkan macam-macam dalam mengimla: imla manqul, imla mandzhur, imla masmu’. (2) faktor pendukung dalam penerapan metode imla di Pondok Pesantren Hamalatul Quran II Sleman yaitu: semangat belajar siswa, lingkungan yang mendukung, guru yang berkompeten. Sedangkan faktor pnghambatnya yaitu: media yang kurang, kurangnya penguasaan kosakata bahasa arab siswa, dan kelas yang belum memadai.