PENGARUH METODE MUSTAQILLI< TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA TEKS BERBAHASA ARAB PADA SISWA TAKHASUS PUTRA MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Abstract

Pengaruh Metode Mustaqilli&gt; Terhadap Kemampuan Membaca Teks Berbahasa Arab Pada Siswa Takhasus Putra Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Mustaqilli&gt; yang digunakan di Takhasus Putra Madrasah Aliyah Wahid Hasyim dalam pengajaran qira’ah serta untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode Mustaqilli&gt; terhadap kemampuan membaca teks berbahasa Arab pada siswa Takhasus Putra Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Sleman Yogyakarta.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan diskriptif kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu setelah data terkumpul kemudian diklasifikasikan sesuai dengan masalah yang dibahas, dianalisis isinya kemudian diinterpretasikan dan diberi kesimpulan. Metode berpikir yang digunakan metode induktif yaitu suatu metode berpikir dari hal-hal yang bersifat khusus kemudian ditarik fakta yang bersifat umum.Hasil penelitian nunjukkan bahwa: (1) Dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di kelas dengan menggunakan metode Mustaqilli&gt; guru membaginya dalam dua level, pada level pertama diprioritaskan pada penguasaan kaidah-kaidah dasar, yang dijadikan bahan baku untuk merangkai berbagai pola kalimat dalam bahasa Arab. Pada level kedua, guru mengemas teori kaidah ini dengan bahasa yang sangat mudah dan sistematis dengan menggunakan grafik, diagram dan tabel. Setelah guru menjelaskan teori kaidah, siswa mempraktikkan secara mandiri contoh-contoh soal yang tersedia secara kreatif dan imajenatif dengan tetap mengacu pada rumusan yang dijelaskan guru. (2) Penerapan metode Mustaqilli&gt; dapat meningkatkan prestasi siswa dalam kemampuan membaca teks berbahasa Arab. Terbukti, pada test tulis I 79,36 dan tes lisan I 60,14 nilai rata-rata dan, pada test tulis II adalah 84,77 dan test lisan II adalah 85,91, hal ini menunjukan bahwa pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan metode ustaqilli&gt; dapat meningkatkan kemampuan membaca teks berbahasa Arab siswa.