Pembelajaran Maharah Kitabah di Madrasah Ibtidaiyyah Tahfizh SAQU Ibnu Mas’ud Godean Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran maharah kitabah dan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran kemampuan menulis bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyyah Tahfizh Ibnu Mas’ud Godean pada tahun ajaran 2019/2020. Adapun jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dengan menggunakan wawancara (tanya jawab), observasi dan dokumentasi, sedangkan subyek penelitian adalah guru kitabah di Madrasah Ibtidaiyyah Tahfizh Ibnu Mas’ud Godean. Hasil penelitian menunjukkan :1. Pembelajaran Maharah Kitabah di Madrasah Ibtidaiyyah Tahfizh Ibnu Mas’ud Godean adalah: a. Tujuan pembelajaran maharah kitabah; belajar membaca dan menulis dengan kaidah yang benar, mampu menguasai kaidah-kaidah penulisan bahasa Arab dengan baik, dan mampu menulis Arab jika diperdengarkan. b. Dalam proses pembelajaran kemampuan menulis bahasa Arab guru menggunakan metode yang diterapkan yaitu; metode gramatika dan terjemah, metode langsung, metode resitasi (tugas) dan metode imla’/dikte.c. Guru memilih dan memanfaatkan media pembelajaran diantaranya adalah media Buku Pintar Menulis Arab, buku paket Al Qur‟an Tulis, buku panduan imla’ (kaidah-kaidah menulis Arab), rumus kaidah merangkai huruf, papan tulis, spidol. d. Unsur-unsur pembelajarannya adalah lingkungan fisik meliputi ruang kelas yang kondusif, peralatan belajar serta sarana prasana penunjang yang lain. Guru menggunakan teknik penemuan. Materi pembelajaran berupa merangkai 3 huruf atau lebih, mengenal Ta’ marbuthoh, mengenal Alif lam ta’rif dan penulisan yang bersambung dengan huruf ma’ani, mengenal bentuk-bentuk huruf di depan, di tengah dan di belakang kata. 2. Faktor pendukungnya yaitu dukungan kepala sekolah, sarana pembelajaran yang menunjang, lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat adalah adanya siswa pindahan dari sekolah lain sehingga guru harus mengulang kaidah tersebut dan memakan waktu yang lama, belum adanya media LCD atau proyektor untuk pembelajaran kemampuan menulis bahasa Arab dan masih menggunakan media buku-buku paket saja dengan metode klasikal.