PEMBELAJARAN MUFRODAT MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Abstract

Permasalahan yang sering dijumpai dalam pembelajaran bahasa asing, termasuk bahasa Arab adalah kurangnya kemampuan siswa dalam mengingat sejumlah kosakata. Permasalahan ini acapkali muncul karena dalam kegiatan pembalajaran bahasa arab kurang variasi, baik metode, strategi maupun penggunaan media. Banyak guru yang masih menggunakan metode ceramah monoton (lecture method) dalam proses pembelajaran dan tidak banyak tenaga pengajar yang memanfaatkan media secara tepat.Media audiovisual menjadi salahsatu alternatif solusi dalam membantu peningkatan kualitas pembelajaran mufrodat media. Karena media audio visual memiliki unsur bunyi dan gambar. Media ini memiliki kemampuan yang lebih baik, karena mampu mencakkup dua jenis media yaitu media auditif dan media visual, dimana penggunaan media ini mampu mengakomodir dua alat indra dalam kegiatan pembelajaran. agar pembelajar dapat mengucapkan atau berkomunikasi sebagaimana pemilik bahasa, diperlukan adanya pembelajaran bersama native speaker. Disisi lain, dalam pembelajaran bahasa, agar pembelajar mampu mengungkapkan bahasa sebagaimana bahasa asli, pembelajar perlu mendengar secara langsung bahasa yaang diucapkan oleh native speaker. Namun kiranya tak mudah menghadirkan native speaker dalam setiap momen pembelajaran. Media audio visual kiranya dapat mewakili kehadiran native speaker dalam pembelajaran dasar-daasar bahasa Arab. Selain sebagai pengganti kehadiran native speaker, sifat media audiovisual yang mampu mengkomodir dua alat indra, mampu meningkatkan daya ingat dan motivasi dalam pembelajaran mufrodat. Kata kunci: media audiovisual, pembelajaran, mufrodat