PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN METODE AL-‘ARABIYA BAINA YADAIKA DI MA’HAD ALI BIN ABI THALIB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran bahasa arab dengan metode Al-‘Arabiyah Baina Yadaika, hasil yang dicapai, faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Penelitian ini diklasifikasikan sebagai penelitian yang menggunakan pendekatan metode analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah mudir ma’had, asatidz ma’had dan mahasiswa mustawa tamhidy Ma’had Ali Bin Abi Tholib Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket.Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa pembelajaran bahasa arab metode Al-‘Arobiyah Baina Yadaika adalah untuk pemula dengan menekankan pada ketrampilan mendengar, membaca, berbicara dan menulis. Hasil yang dicapai adalah baik berdasarkan analisis data yang menunjukan nilai kategori baik paling tinggi yaitu 50%, dan kategori sangat baik 11,54% serta kategori kurang baik adalah 38,46%. Faktor pendukung dalam pembelajaran bahasa arab metode Al-‘Arobiyah Baina Yadaikaadalah lokasi ma’had yang kondusif. Sedang yang menjadi faktor penghambatnya adalah media pembelajaran yang belum lengkap dan mahasiswa yang kurang aktif. Kata kunci: Pembelajaran Bahasa Arab, Al-‘Arabiyah Baina Yadaik