PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI KOMPLEKS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMK

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks dan motivasi belajar siswa pada salah satu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan menerapkan metode kooperatif tipe picture and picture. Tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Multimedia 1 SMKN 5 Bandar Lampung yang berjumlah 33 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Prosedur penelitian adalah model spiral yang saling berkaitan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan motivasi dan keterampilan menulis teks eksplanasi kompleks pada siswa kelas X Multimedia 1 SMKN 5 Bandar Lampung dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hal itu ditunjukkan dengan adanya peningkatan: (1) motivasi siswa dari siklus I ke siklus II yang cukup signifikan; (2) rata-rata nilai keterampilan menulis siswa, yaitu dari 50 pada pratindakan menjadi 72,07 pada siklus I, dan 82,07 pada siklus II.