EFEKTIVITAS ENTERPRENEURSHIP ROSULULLAH SAW PADA TRANSAKSI BISNIS ISLAM DI ERA MODERN

Abstract

Bisnis islam merupakan bagian dari usaha yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup yang mencakup dalam permasalahan muamalah. Pada zaman yang semakin berkembang saat ini terdapat beberapa pelaku bisnis yang dalam menjalankan transaksinya mulai begeser dengan nilai dan visi syari’ah. Mereka seringkali tidak peduli terhadap sesama untuk saling tolong menolong serta kejujuran sudah mulai terabaikan. Dalam melakukan transaksi bisnis dengan cara yang halal saat ini sangatlah minim sekali. Oleh karena itu agar umat muslim tidak menyimpang dalam menjalankan wirausaha dan transaksi bisnis secara islam, maka sangat diperlukan cara untuk mengetahui konsep entrepreneurship yang dilakukan oleh rosulullah saw, transaksi bisnis diera modern serta bagaimana efektivitas entrepreneurship rosulullah saw pada transaksi bisnis islam di era modern. Diketahui bahwasannya konsep berwirausaha dari rosulullah saw adalah shiddiq, amanah, tabligh, fathonah. Selain itu beliau juga mempunyai dua visi dalam menjalankan bisnisnya yaitu visi dunia dan visi akhirat. Visi dunia bisa kita lihat salah satunya dari adanya keuntungan/laba yang diinginkan seorang pelaku bisnis yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, sedangkan untuk visi akhirat dapat terlihat salah satunya dari konsep berbagi dan saling tolong menolong.