PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI MEDIA VISUAL PADA SISWA TK PGRI SADAR SRIWIJAYA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran menggunakan media visual dalam peningkatan kemampuan berhitung. Penelitian ini menggunakan pola penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan dengan cara kolaborasi antara guru dan peneliti, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus yang setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa TK PGRI Sadar Sriwijaya Bandar Sribhawono Lampung Timur sebanyak 30 siswa, Metode pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan observasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berhitung sebesar 23% pada siklus 1 dan 40% pada siklus II. Hal ini tentu saja membuktikan bahwa pembelajaran menggunakan media visual dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa TK PGRI Sadar Sriwijaya Bandar Sribhawono Lampung Timur.