KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

Abstract

Pembelajaran matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib dipelajari oleh peserta didik disetiap jenjang pendidikan. Pentingnya mempelajari matematika bukan hanya sekedar memperoleh prestasi yang tinggi dalam bidang matematika, tetapi lebih dari itu matematika merupakan jembatan bagi siswa melatih proses berpikir sistematis, logis, dan kritis dalam menyelesaikan masalah. Salah satu kompetensi yang penting untuk dikembangakan dalam matematika adalah kemampuan pemecahan masalah. Oleh sebab itu peneliti mengkaji tentang kemampuan pemecahan masalah siswa pada tingkat SMP. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Pembelajaran matematika pada siswa SMP memerlukan kemampuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta yang terdiri atas sepuluh kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data dalam penelitian ini diuji menggunakan uji t proporsi dan uji paired sample test dengan hampiran normal. Hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa SMP tergolong baik.