ANALISIS SOSIOMATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN PADA SISWA SDN 224 PALAE

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran terkait sosiomatematika yang berbasis kearifan lokal di SDN 224 Palae. Indikator yang digunakan dalam penelitian ini adalah prosedur pemecahan masalah, prosedur pemecahan masalah yang dapat diterima, alternatif prosedur, perumusan prosedur yang lebih efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 224 Palae. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentai. Instrumen yang digunakan adalah perangkat pembelajaran, lembar observasi,  dan pedoman wawancara. Adapun analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika realistik dan pembelajaran kontekstual dapat mengasah kemampuan sosiomatematika siswa  SDN 224 Palae Kelas V yang berbasis pada kearifan lokal. Adapun indikator sosiomatematika yang dapat dicapai oleh siswa dengan pembelajaran matematika realistik adalah prosedur pemecahan masalah, alternatif prosedur sedangkan pada pembelajaran kontekstual adalah alternatif prosedur, perumusan prosedur yang lebih efektif, dan prosedur pemecahan masalah yang dapat diterima.