Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Daring Instalasi Motor Listrik Menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif

Abstract

Pembelajaran dalam jaringan atau daring selama masa pandemi sudah tidak asing lagi di dunia pendidikan. Pembelajaran ini mutlak dilaksanakan untuk mengurangi tingkat penyebaran virus corona sekaligus membantu menyukseskan program pemerintah. Banyak kendala tentunya dalam pembelajaran daring, baik dari segi peserta didik maupun pihak guru. Hal ini penulis mengimplementasikan pembelajaran menggunakan e-LKPD Liveworksheets pada mata pelajaran Instalasi Motor Listrik (PLC) KD 3.12 Memahami spesifikasi PLC. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas yakni XII TITL 1, TITL 2 masing-masing kelas dengan jumlah responden 16 siswa dengan menggunakan nstrumen kuisioner dan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian diperoleh peningkatan hasil belajar siswa kelas XII TITL 1 mencapai 79 sedangkan kelas XII TITL 2 80. Sehingga dalam pengguanaan LKPD interaktif ini dapat diimplementasikan pada satuan pendidikan untuk mencapai evalusai hasil belajar siswa sesuai dengan ketuntasan. Namun penggunaan Liveworksheets ini harus memperhatikan tingkat jaringan internet yang stabil. Implementasi penggunaan LKPD interaktif Liveworksheet dapat dijadikan media pembelajaran bagi guru dan tenaga pendidik lainnya.