Efektivitas Daring Menggunakan Media Sway untuk Siswa SMP Pada Bimbingan TIK
Abstract
Di masa pendemi pemerintah menerapkan proses pembelajaran secara online dari rumah dengan memanfaatkan jaringan internet yang disebut dengan pembelajaran daring. Pembelajaran daring tidaklah mudah dilakukan karena siswa belajar dari rumah tanpa pengawasan dari guru. Tidak semua siswa mengerti dan faham materi pembelajaran yang diberikan oleh guru. Selama ini guru hanya mentransfer pengetahuan saja tanpa mengetahui tingkat keberhasilan ataupun keefektivitasnya. Mayoritas siswa bosan jika hanya dominan pada tugas bukan materi. Siswa membutuhkan penjelasan materi yang lebih menarik dan interaktif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi. Sway merupakan salah satu aplikasi baru dari Microsoft Office 365 untuk membuat presentasi yang interaktif dan lebih menarik. Dengan sway belajar mengajardaring akan lebih hidup dimana konten pada sway terdapat teks, gambar, audio, dan video. Ditambah dapat diintegrasikan dengan model evaluasi secara online, maka sway sangat power full untuk dijadikan media pembelajaran. Sasaran penelitian ini siswa kelas VIII yang mengikuti Bimbingan TIK. Penelitian ini melalui beberapa tahapan meliputi survey pendapat tentang belajar mengajardaring pada siswa dan guru, rancangan pembuatan media sway, uji coba media sway, revisi media sway dan implementasi. Hasil uji coba dari guru dan siswa yakni 92,26% guru lebih menyukai media belajar mengajarSway dan 90% siswa lebih berminat dan bertambah semangat belajar dengan media belajar mengajarsway. Dari hasil uji coba berdasarkan angket penggunaan media Sway pada belajar mengajardaring sangatlah diminati siswa maupun guru yang mengikuti kemajuan tren teknologi terbaru.