Fungsi Media Sosial dalam Peningkatan Motivasi dan Keterampilan Menulis Teks Recount
Abstract
Facebook merupakan media sosial online yang sudah sangat banyak digunakan untukĀ pembelajaran, mulai level Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi, sehingga para guru dituntut harus inovatif dan kreatif untuk bisa meningkatkan semangat belajar siswa. Hampir di seluruh dunia menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dengan berbagai tujuan juga sebagai media komunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Tidak hanya itu, bahasa Inggris juga merupakan prestise; orang yang dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dianggap sebagai orang modern. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menyelidiki bahwa Facebook (FB) dapat meningkatkan motivasi siswa dalam menulis teks recount, 2).Untuk menerapkan penggunaan Facebook (FB) sebagai media dalam peningkatan keterampilan menulis teks recount. Subyek pelaku tindakan adalah satu orang guru Bahasa Inggris kelas X-MIPA3 dan penerima tindakan adalah 36 siswa kelas X-MIPA3 SMA Negeri 56 Jakarta dengan hasil belajar lebih rendah dibandingkan dengan kelas X lainnya. Dokumen tertulis dan narasumber adalah sumber data penelitian ini. Daftar nilai, jurnal mengajar, dan teks recount adalah dokumen tertulis. Adapun narasumber yaitu siswa, guru, juga kolaborator. Data dikumpulkan melalui teknik tes, observasi dan wawancara. Terjadi peningkatan terlihat dari sebagian besar jumlah siswa yang hasil scorenya dalam tulisan teks recount meningkat. Sebelum pelaksanaan tindakan dari 36 siswa hanya 4 orang (12.5%) yang minat belajarnya tinggi dan sisanya 32 orang (87.5%) minat belajarnya sedang. Pada akhir tindakan sebanyak 4 orang (12.5%) minat belajarnya sangat tinggi, 27 orang (84.38%) minat belajarnya tinggi, sisanya 4 orang (3.12%) minat belajarnya sedang.