Upaya Meningkatkan Kinerja Guru Melalui Supervisi Administrasi oleh Kepala Sekolah Di SDN Kebonbatur 2 Mranggen Demak

Abstract

Berdasarkan hasil survey pendahuluan melalui wawancara yang dilakukan di SDN Kebonbatur 2 Mranggen Demak, dalam pelaksanaan proses pendidikan , terdapat temuan awal dimana masih terdapat guru yang memiliki produktivitas kerja yang rendah, diukur dari pencapaian hasil kerja guru dibandingkan dengan target yang ditetapkan dalam kurikulum sekolah. Sejumlah 25% guru menjelaskan bahwa apa yang dirumuskan dalam kurikulum belum sepenuhnya tercapai. Masih kurangnya produktivitas guru juga teridentifikasi melalui hasil belajar siswa yang mana masih terdapat sekitar 20% siswa yang prestasinya lebih rendah dari KKM yang ditetapkan. Desain penelitian ini adalah Pendlitian Tindakan Sekolah (PTS) dilakukan tiga siklus. Hasil observasi Pra Penelitian Tindakan Sekolah,Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kompetensi guru dari yang kurang aktif menjadi lebih aktif, dari yang kurang disiplin menjadi lebih disiplin, dan dari yang kurang mandiri menjadi lebih mandiri. Perolehan nilai rata-rata pada Pra Siklus dari 8 indikator produktivitas kerja masih diantara skor 2 dan 3, yaitu sebesar 2,71 dengan KKM 65. Pada siklus I skor sebesar 3 pada siklus II skor sebesar 3,7 dan pada Siklus III tercapai skor 4 Dari nilai rata-rata prasiklus sebesar 2,71 sampai siklus III terjadi peningkatan skor sebesar 1,29. Hasil pada siklus III sebanyak guru 10 guru (83,3%) dalam kategori baik dan 2 orang guru (16,6%) dalam kategori sangat baik.