Dongeng sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SD/MI

Abstract

Dongeng atau folktale merupakan bagian dari cerita rayat (folklore).  Setiap daerah di Indonesia memiliki banyak kisah cerita rakyat dan dongeng yang mengandung aspek budaya, pendidikan,budi pekerti  dan nilai moral yang tinggi. Gunamenjaga dan mewariskasn nilai kearifan lokal (local wisdom) dan nilai pendidikan  kepada generasi penerus,  dongeng sangat layak dijadikan sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada jenjangpendidikan dasar khususnya di Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI).Artikel ini bertujuan untuk membahas dan menjelaskan: (1) Potensi keberagaman dongeng sebagai bagian dari cerita rakyat yang tersebar di berbagai tempat merupakan kekayaan sosial budaya masyarakat. (2). Dongeng bisa dimanfaatkan sebagai media pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada  jenjang pendidikan dasar SD dan MI. (3) Dongeng bisa menjadi sarana meningkatkanbudaya literasidi kalangan siswa  SD dan MI.