PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMK MA’ARIF 2 GOMBONG KEBUMEN
Abstract
Penelitian ini didasari oleh permasalahan kinerja guru yang belum memuaskan.Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, budaya organisasi, dan motivasi kerja terhadap kinerja guru di SMK Ma’arif 2 Gombong Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru-gurudi SMK Ma’arif 2 Gombong Kebumen, dan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 orang. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan sebagai berikut. (1) KepemimpinanKepalaSekolah memiliki pengaruh yang cukup positif terhadapKinerja Guru SMK Ma’arif 2 GombongKebumen, terbuktidari nilai Sig = 0,028< α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,347 atau berkontribusi sebesar 34,7%. (2) BudayaOrganisasimemiliki pengaruh yang kuatpositif dan signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Ma’arif 2 GombongKebumen, terbuktidari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,725 atau berkontribusi sebesar 72,5%. (3) MotivasiKerjamemiliki pengaruh yang kuat positif dan signifikan terhadapKinerja Guru SMK Ma’arif 2 GombongKebumen, terbuktidari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,631 atau berkontribusi sebesar 63,1%. (4) Kepemimpinan Kepala Sekolah, BudayaSekolah, dan Motivasi Kerja Secara Bersama-sama memiliki pengaruh yang kuat positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru SMK Ma’arif 2 Gombong Kebumen, terbukti dari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (R2) = 0,787 atau berkontribusi sebesar 78,7%.