MANAJEMEN PEMBELAJARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN CAPAIAN MUTU NILAI UJIAN NASIONAL (UN) DI MTs NEGERI 1 KEBUMEN
Abstract
Secara umum tujuan penelitian ini, untuk mendapatkan gambaran secara deskriftif pelaksanaan manajemen yang memfokuskan pada manajemen peningkatan capaian mutu nilai Ujian Nasional (UN) di MTs Negeri 1 Kebumen. Dengan menelusuri perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. tindak lanjut peningkatan capaian mutu nilai Ujian Nasional (UN) di MTs Negeri 1 Kebumen. Penelitian menggunakan metode kualitatif. Proses pengumpulan data peneliti,untuk lebih dapat dipahami berikut akan diuraikan prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini sebagai berikut: Observasi.,Wawancara, Studi Dokumen.Teknis analisis data dalam suatu penelitian kualitatif dapat digunakan deskriptif naratif, melalui tiga alur yaitu : Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat penulis informasikan yaitu : (1) Perencanaan adalah membuat suatu target-target yang akan dicapai atau diraih di masa depan. Perencanaan peningkaatan mutu pendidikan MTs Negeri 1 Kebumen dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Fungsi perencanaan yang dilaksanakan di MTs Negeri 1 Kebumen ini meliputi pengaturan sumber dana, sumber daya atau personil madrasah dan upaya pembinaannya, dan pengembangan kurikulum. Perumusan perencanaan peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 1 Kebumen melalui musyawarah atau rapat madrasah yang melibatkan kepala Madrasah, guru, staf dan komite Madrasah. (2). Pelaksanaan atau pengarahan sebagai rencana peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 1 Kebumen adalah pelaksanaan sebagai proses mengendalikan institusi pendidikan yang berjalan sesuai dengan jalur yang telah ditetapkan dan sampai kepada tujuan secara efektif dan efesien. Sebagai implikasi pelaksanaan manajemen dalam pengembangan kurikulum dengan pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) di MTs Negeri 1 Kebumen merupakan suatu proses penyesuaian, pengintegrasian, persiapan dan pemilihan dengan terfokus pada tujuan, materi, metode, organisasi dan evaluasi menjadi dasar utama dalam upaya mengembangkan sistem pembelajaran. (3) Evaluasi sebagai implementasi ketiga dalam penelitian bertujuan, evaluasi peningkatan mutu pendidikan di MTs Negeri 1 Kebumen adalah mengkaji ulang kebijakan kepala Madrasah dalam mengemban amanah, menentukan program Madrasah, atau setidaknya menyatukan persepsi dikalangan pembuat keputusan (tenaga pendidik dan kependidikan) di lembaga yang dipimpinnya. Kemampuan kepala Madrasah dan guru sebagai selaku aktor utama kebijakan yang dipercaya untuk mengemban pelaksanaan evaluasi kebijakan manajemen peningkatan mutu dalam mendayagunakan seluruh potensi yang dimiliki, termasuk mempertahankan dan memanfaatkan beberapa faktor pendukung yang menentukan keberhasilan implementasi kebijakan tersebut. (4) Act atau menindaklanjuti artinya melakukan evaluasi total terhadap hasil sasaran dan proses dan menindaklanjuti dengan perbaikan-perbaikan. Jika ternyata apa yang telah kita kerjakan masih ada yang kurang atau belum sempurna, segera melakukan action untuk memperbaikinya. Proses Act ini sangat penting artinya sebelum kita melangkah lebih jauh ke proses perbaikan selanjutnya. Menindaklanjuti hasil untuk membuat perbaikan yang diperlukan. Ini berarti juga meninjau seluruh langkah dan memodifikasi proses untuk memperbaikinya sebelum implementasi berikutnya. Menindaklanjuti hasil berarti melakukan standarisasi perubahan, seperti mempertimbangkan area mana saja yang mungkin diterapkan, merevisi proses yang sudah diperbaiki, melakukan modifikasi standar, prosedur dan kebijakan yang ada, mengkomunikasikan kepada seluruh staf, pelanggan dan suplier atas perubahan yang dilakukan apabila diperlukan, mengembangkan rencana yang jelas, dan mendokumentasikan proyek. Selain itu, juga perlu memonitor perubahan dengan melakukan pengukuran dan pengendalian proses secara teratur serta efesien dalam segala hal.