Penerapan Metode Demonstrasi dalam sistem Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Fiqih Materi Adzan dan Iqomah Kelas II MI Ma’arif Pengempon Tahun 2020/2021

Abstract

Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Sistem Pembelajaran Daring Mata Pelajaran Fiqih  Materi Adzan dan Iqomah  Kelas II Mi Ma’arif Pengempon Tahun 2020/2021”  Fokus penelitianini adalah :(1). Bagaimana penerapan Metode Demonstrasi dalam sistem pembelajaran daring mata pelajaran fiqih materi adzan dan iqomah Kelas IIMi Ma’arif Pengempon. (2). Apa kelebihan dan kekurangan penggunaan metode demonstrasi dalam sistem pembelajaran daring  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif.Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah, observasi(pengamatan), Interview (wawancara) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1)Pelaksanaan Pembelajaran fiqih materi Adzan dan Iqomah dengan metode demonstrasi sistem pembelajaran daring ada beberapa langkah yang dilakukan oleh guru diantaranya, a)membuat RPP sebelum melakasanakan pembelajaran. b) pada proses pembelajaran, guru melaksanakan beberapa tahapan terdiri dari kegiatan pedahuluan, inti dan penutup.  Kelebihan dan kekurangan pelaksanaan pembelajarn fiqih dengan metode demonstrasi sistem daring pada materi adzan dan iqomah.  Kelebihan dalam proses tersebut diantaranya pembelejaran bisa dilakukan dimana saja tanpa harus disekolah, anak menjadi lebih aktif, jangkauan pembelajaran luas bisa di jangaku oleh siswa yang tinggal didataran rendah mapun dataran tinggi. Kekurangan dalam proses pembelajaran penerapan metode demosntrasi sistem daring diantaranya  pembelajaran tidak efektif, jaringan terkadang eror, biaya kuota yang dikeluarkan mahal karena semunya memakai jaringan