Analisis Kebijakan Kenaikan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kredit dari IV a ke IV b
Abstract
Keberhasilan pendidikan salah satunya ditentukan oleh peranan guru, sehingga perlu perhatian pemerintah secara aktif guna memotivasi mereka dalam melaksanakan tanggung jawab pendidikan semakin tinggi. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan motivasi para guru dalam bekerja oleh pemerintah adalah fasilitasi secara aktif terhadap pembinaan karier mereka. Pemerintah perlu memberikan fasilitasi secara aktif dalam kenaikan jabatan fungsional dan angka kredit guru dari IV/a ke IV/b ke berbagai kesempatan dalam pengembangan karier mereka. Hal tersebut diharapkan akan melahirkan para pendidik yang mempunyai motivasi kuat dalam meningkatkan kemampuan profesionalisme mereka, sehingga kualitas pendi dikan dapat terus ditingkatkan. Penelitian ini menunjukkan bahwa Pemberian fasilitas tekhnis dalam meningkatkan jumlah guru dengan pangkat IV/a ke pangkat IV/b. Penyederhanaan mekanisme pengusulan kenaikan pangkat melalui system online dan upaya menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di daerah dalam menghasilkan karya ilmiah menjadi hal yang penting guna meningkatkan jumlah guru dengan pangkat dan golongan IV/b. KATA KUNCI: Analisis kebijakan, jabatan fungsional guru, kenaikan pangkat,