PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-GUGUS AHMAD DAHLAN KECAMATAN SRUWENG KABUPATEN KEBUMEN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar IPA siswa di SD N se-Gugus Ahmad Dahlan kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SD N se-Gugus Ahmad Dahlan kecamatan Sruweng, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SD N se-Gugus Ahmad Dahlan kecamatan Sruweng yang berjumlah 89 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket, dan analisis data menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa Aktivitas Belajar memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar Negeri se-Gugus Ahmad Dahlan Kecamatan Sruweng Kabupaten Kebumen. Hal tersebut terbukti dari nilai Sig = 0,000 < α = 0,05. Adapun nilai koefisien korelasi (r2) = 0,385 atau berkontribusi sebesar 38,5 %. Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar IPA Siswa