KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMP NEGERI 40 PURWOREJO

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kepemimpinan kepala sekolah yang cukup baik. Sehubungan dengan hal itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 40 Purworejo. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang menitik beratkan pada gejala secara alamiah dan dianalisis dengan menggunakan logika  berpikir  ilmiah.  Adapun  teknik  pengumpulan  data  pada  penelitian  ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian merumuskan kesimpulan hasil penelitian yang dilakukan. Ada tiga hal yang dikemukakan dalam penelitian ini, yaitu: (1) kemampuan manajerial kepala sekolah kaitannya dengan chief officer dalam meningkatkan profesionalisme guru di SMP Negeri 40 Purworejo terbukti nyata menghasilkan produk visi dan misi sekolah yang telah dilaksanakan dengan baik meskipun masih belum semuanya, dan untuk mencapainya  dibutuhkan  kerja sama yang baik dengan semua elemen sekolah; peran dari kepala sekolah untuk menciptakan suasana yang harmonis di lingkungan sekolah, dengan memberikan tugas guru sesuai tupoksinya dan guru dapat menjalankan tugas dan tanggungjawabnya dengan profesional; memberi kesempatan kepada tenaga pendidik untuk meningkatkan profesinya; (2) kemampuan Sense of business Kepala Sekolah dalam  meningkatkan profesionalisme guru, dibuktikan dengan kemampuan kepala sekolah dalam mengelola dana pendidikan terutama dalam mencari sumber dana pendidikan untuk mencukupi kebutuhan dalam penyelenggaraan pendidikan; (3) kemampuan sense of education kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru, yang di buktikan dengan kemampuan kepala sekolah dalam melakukan pembinaan mental, pembinaan moral, pembinaan fisik dan pembinaan artistik  yang di laksanakan secara terprogram.