Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Proyek untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Karakter Wirausaha Peserta Didik Tunanetra
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar tematik berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan karakter wirausaha peserta didik tunanetra. Desain pengembangan bahan ajar menggunakan pendekatan Design Based Research (DBR). Tahapan DBR yang digunakan terdiri dari empat tahap, yaitu tahap analisis kebutuhan, tahap desain/ pengembangan produk, tahap pengujian produk, dan tahap refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 peserta didik tunanetra di SLB Putra Manunggal Gombong, Kebumen. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket, lembar wawancara, lembar observasi, dan lembar tes. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Bahan ajar tematik berbasis proyek layak digunakan bagi peserta didik tunanetra; 2) Pembelajaran proyek menggunakan bahan ajar tematik efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan karakter wirausaha peserta didik tunanetra; 3) Besar pengembangan karakter wirausaha peserta didik tunanetra menunjukkan kategori tinggi/baik yaitu dengan persentase sebesar 84%, sedangkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik menunjukkan kategori sedang dengan nilai N-Gain 0,60.