Aplikasi Metode Catung UT (Ular Tangga) Dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menghitung Berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun

Abstract

Membaca dan berhitung bagi anak usia dini merupakan aspek perkembangan yang harus dikembangan. Tetapi sangat disayangkan pengembangan membaca anak usia dini yang berkembang saat ini identik dengan pemaksaan yang tidak sesuai dengan tahap perkembangan anak usia dini. Hal ini disebabkan karena  ketakutan para orang tua terhadap kemampuan baca anak yang merupakan persyaratan untuk memasuki sekolah tingkat dasar. Dengan demikian perlu studi tentang metode catung UT (ular tangga) agar ditemukan alasan kuat bahwa dengan metode tersebut dapat membantu anak usia dini untuk membaca dan berhitung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Participatory Action Research (PAR) melalui pendekatan Kualitatif Deskriptif Analisis, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan; analisis dokumentasi, observasi, wawancara, dan angket. Adapun populasinya adalah lembaga pendidikan anak usia dini. Kata kunci: Metode; PAUD