PENGARUSUTAMAAN LITERASI SPIRITUAL SEBAGAI KONSTRUKSI DASAR PENGEMBANGAN SAINS HOLISTIK DI RUANG KELAS

Abstract

Literasi spiritual merupakan amanat Undang Undang Dasar 1945 yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Konseptualisasi pendidikan di Indonesia diarahkan pada penciptaan generasi-generasi unggul dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi diimbangi dengan kepribadian luhur yang tetap beriman, bertakwa, dan juga berakhlak mulia. Sekolah sebagai lembaga tranformasi ilmu dan nilai, memikul tanggungjawab besar untuk mewadahi generasi terdidik dalam mengoptimalkan potensi literasi spiritual pada individu peserta didiknya melalui berbagai macam aktivitas pembelajaran yang bermakna. Seorang guru dituntut inovatif dalam memberikan ruang belajar seluas-luasnya kepada peserta didik untuk dapat bertumbuh, berproses, dan belajar mengenai berbagai hal yang mengarah pada pemahaman mendalam terhadap apa yang ingin mereka pelajari kelak di kemudian hari. Makalah ini berupaya membahas konsepsi mendasar yang menjadi bagian awal dari pengembangan literasi spiritual melalui aktivitas pembelajaran sains yang holistik dan integratif di lingkungan pendidikan dasar. Pembahasan mengenai model pembelajaran tersebut diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam mereformulasikan penguasaan literasi spiritual berbasis pembelajaran sains yang holistik. Kontribusi keilmuan terbesar yang diharapkan oleh penulis mengarah pada pembentukan pola-pola aktivitas belajar sains yang cenderung mengarusutamakan kebermaknaan pembelajaran melalui penanaman literasi spiritual yang integratif di lingkungan pendidikan dasar.