ANALISIS KESUKARAN SOAL, DAYA PEMBEDA DAN FUNGSI DISTRAKTOR

Abstract

Artikel ini ditulis karena pada dasarnya pendidikan memerlukan sebuah evaluasi. Tak hanya hasil belajar siswa saja yang dieavluasi, melainkan juga alat pengukur yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa. Yang dimaksud adalah tes hasil belajar, yang mana terdiri dari butir-butir soal atau biasa disebut item. Dan untuk mengetahui apakah butir-butir tersebut sudah menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya, maka perlu identifikasi. Dengan harapan akan menghasilakan berbagai informasi berharga, yang menjadi umpan balik guna melakukan perbaikan, pembenahan dan penyempurnaan kembali, hingga nantinya benar-benar dapat menjalankan fungsinya sebagai alat pengukur hasil belajar yang berkualitas tinggi. Rangakaian kegiatan seperti uraian tersebut sering dikenal dengan istilah analisis item. Maka dari itu perlu adanya analisis kesukaran soal, daya pembeda dan fungsi distraktor. Dan ini akan menjadi topik utama yang dipaparkan pemakalah pada artikel ini.