STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAQ PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA DI SLB MUHAMMADIYAH DEKSO KALIBAWANG

Abstract

Dalam pendidikan luar biasa atau pendidikan khusus anak berkelainan, memiliki istilah penyimpangan eksplisit yang ditujukan kepada anak-anak yang yang dianggap memiliki kelaianan penyimpangan dari kondisi rata-rata anak normal pada umumnya. kelainan tersebut dapat terlihat dari fisik, mental maupun karakteristik perilaku sosial. Peserta didik tunagrahita sangat memerlukan pendidikan serta layanan khusus yang berbeda dengan anak-anak pada umumnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di SLB Muhammadiyah Dekso Kalibawang, dapat disimpulkan metode yang digunakan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran Akidah Akhlak pada anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Muhammadiyah Dekso Kalibawang Kulonprogo adalah metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab, metode tanya jawab, dan metode latihan/ drill. Metode yang dipakai dengan cara berganti-ganti di setiap pertemuan untuk menghindari kebosanan pada peserta didik tunagrahita.